animasi-bergerak-selamat-datang-0030

Cari

Sabtu, 22 November 2014

Contoh Proposal Penelitian Sederhana



PROPOSAL PENELITIAN
Tingkat Kedisiplinan Siswa XII Akuntansi SMKN 1 Jombang
Tahun Pelajaran 2014/2015 

 








XII AKUNTANSI 2
SMK NEGERI 1 JOMBANG
TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal “Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XII AKUNTANSI SMKN 1 Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015 “ dengan sebaik-baiknya.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada yang terhormat :
1.      Bu. Endah Purwanti selaku Guru Pembimbing / Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
2.     Teman – Teman satu kelompok yang sudah bekerja sama dalam menyusun proposal ini.
3.      Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan proposal ini.
Kami menyadari bahwa dalam proposal ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan dalam penyusunan proposal dimasa mendatang.

Jombang , 11 November 2014


Penyusun




DAFTAR ISI

Judul……………………………………………………………….  i
Kata Pengantar……………………………………………………   ii
Daftar Isi……………………………………………………     iii

1.      Pendahuluan……………………………………………..     1
1.1  Latar Belakang ………………………………………..   1
1.2  Batasan Masalah ………………………………………  2
1.3  Rumusan Masalah …………………………………….   2
1.4  Tujuan Penelitian ……………………………………….2
2.      Hipotesis......................……………………………….......... 3
3.      Metode Penelitian…………………………………….......... 5
3.1  Jenis Penelitian ...............................................................  5
3.2  Tempat dan waktu pelaksanaan .......................................5
3.3  Populasi ………………………………………...............5
3.4  Sampel ………………………………………… ...........6
3.5  Sumber Data ……………………………………            ............6
3.6  Metode Pengumpulan Data …………………….            ............6
3.7  Jadwal Penelitian ……………………………….............6
4.      Penutup
Daftar Pustaka………………………………………………….........7


1.      PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahannya, dan setiap siswa di tuntut untuk berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang sudah berlaku disekolahannya. Yang dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian, ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar. Ketaatan dan kepatuhan siswa terhadap aturan atau tata tertib disebut disiplin siswa, sedangkan peraturan yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah. Pengertian disiplin sekolah kadangkala diterapkan pula untuk memberikan hukuman (sanksi) sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap aturan, meski kadangkala menjadi kontroversi dalam menerapkan metode pendisiplinannya, sehingga terjebak dalam bentuk kesalahan perlakuan fisik dan kesalahan perlakuan psikologis. Disiplin adalah kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian. Sedangkan disiplin menurut Djamarah adalah "Suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pridadi dan kelompok”. Kedisiplinan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan.
1.2 Batasan Masalah
         Mengingat keterbatasan penulis baik dari segi waktu, kemampuan, tenaga, dan biaya. Dengan demikian penulis membatasi “ Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XII AKUNTANSI SMKN 1 Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015 “.


1.3  Rumusan Masalah
1.      Apa yang menyebabkan siswa berperilaku tidak disiplin ?
2.      Perilaku siswa apa saja yang dinilai tidak atau kurang disiplin ?
3.      Faktor penyebab terhambatnya penerapan disiplin di sekolah ?
4.      Apa saja upaya-upaya yang bisa di lakukan warga sekolah dalam meningkatkan penerapan disiplin di sekolah ?

1.4  Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui penyebab siswa brperilaku tidak disiplin.
2.      Untuk mengetahui perilaku siswa yang dinilai kurang disiplin.
3.      Untuk mengetahui penyebab terhambatnya penerapan disiplin disekolah.
4.      Untuk mengetahui upaya-upaya yang bisa di lakukan warga sekolah dalam meningkatkan penerapn disiplin di sekolah.
2.      HIPOTESIS
Berdasarkan  landasan  teori  yang  telah  diuraikan  serta  disesuaikan dengan  masalah  penelitian,  maka  dapat  dirumuskan  hipotesis  penelitian sebagai berikut:
1.      penyebab siswa berperilaku tidak disiplin yaitu:
a.       disebabkan oleh guru.
b.      kondisi sekolah yang kurang menyenangkan, kurang teratur, dan lain-lain.
c.       keluarga yang broken home.
d.      kurikulum yang tidak terlalu kaku, tidak atau kurang fleksibel, terlalu dipaksakan dan lain-lain bisa menimbulkan perilaku yang tidak disiplin, dalam   proses belajar mengajar  pada khususnya dan dalam proses pendidikan pada umumnya.
2.      Perilaku siswa yang di nilai kurang disiplin seperti : bolos sekolah, mengerjakan tugas rumah disekolah, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian dan bentuk-bentuk  penyimpangan perilaku lainnya.
3.      Kurang tegasnya pihak sekolah menerapkan peraturan sekolah,
4.      Reisman dan Payne (E. Mulyasa, 2003) mengemukakan strategi umum merancang disiplin siswa, yaitu :
1. Konsep diri; untuk menumbuhkan konsep diri siswa sehingga siswa dapat berperilaku disiplin, guru disarankan untuk bersikap empatik, menerima,hangat dan terbuka;
2.Keterampilan berkomunikasi; guru terampil berkomunikasi yang efektif sehingga mampu menerima perasaan dan mendorong kepatuhan siswa;
3.Konsekuensi-konsekuensi logis dan alami; guru disarankan dapatmenunjukkan secara tepat perilaku yang salah, sehingga membantu siswa.
3.      METODE PENELITIAN
3.1  Jenis Penelitian
     Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dapat diartikan sebagai prosedur penulisan yag menghasilkan data data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati.Sedangkan penulisan karya ilmiah inibersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran suatu keadaan tertentu secara rinci disertaidengan bukti.

3.2  Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini bertempat di kelas XII Akuntansi 2 SMKN 1 Jombang,  sedangkan waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 9-15 januari 2015.

3.3 Populasi dan Sampel
A. Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan (Sugiono, 2001:57).
Jadi populasi bukan hanya orang , tetapi juga benda- benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar yang ada pada obyek / subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik / sifat yang dimiliki oleh obyek atau subyek itu.
Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek adalah siswa kelas XII AKUNTANSI SMKN 1 JOMBANG  Tahun Pelajaran 2014/2015, yang terdiri atas 106 siswa.
B. Sampel
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiono, 2001:57). Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kelas XII AKUNTANSI 2 yang berjumlah 35 siswa.

3.4  Sumber Data
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu yang diperoleh dari hasil angket/lembar pengisian soal.

3.5  Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun proposal  ini adalah dengan metode angket. Angket adalah sejumlah pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan dalam pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui (Suharsimi Arikunto, 2006:225).
3.6  Jadwal Penelitian
No.
Nama Kegiatan
Minggu
1
2
3
4
5
1.
Penyusunan Proposal
X




2.
Pelaksanaan Penelitian

X
X


3.
Pengelolaan Data


X
X

4.
Penyusunan Laporan



X
X

4.      PENUTUP
Demikianlah proposal penelitian ini kami sampaikan.Kami harap proposal ini dapat berguna.Mohon maaf bila terjadi kesalahan.Kami menyadari bahwa karya ini perlu ditingkatkan mutunya.Oleh karena itu kritik dan saran sangat kami harapkan.Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

Djamarah.1994.Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru.Surabaya:Usaha Nasional.
Sugiyono.2001.Metode Penelitian Administrasi.Bandung:Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineke Cipta.

Tidak ada komentar: